Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah Universitas Terbuka
  • Hascaryo Pramudibyanto Universitas Terbuka
  • Barokah Widuroyekti Universitas Terbuka

Keywords:

tutorial webinar , tuweb, tutorial tatap muka, TTM, UT Semarang, Covid-19

Abstract

Wabah global telah melanda dunia, begitu pula yg terjadi di Indonesia, sehingga program stay at home dilaksanakan sbg upaya menekan perluasan covid-19. Pada Universitas Terbuka, bulan Maret adalah awal semester tutorial masa registrasi 2020.1, baik tutorial online (tuton) maupun tutorial tatap muka (TTM). UT Semarang, sedang memasuki tutorial perdana pada mahasiswa yang mengambil modus pembelajaran TTM. Untuk menaati program pemerintah, modus pembelajaran dialihkan menjadi kelas virtual, agar mahasiswa tetap mendapatkan haknya memperoleh ilmu tetapi tetap aman dengan di rumah saja. Kelas TTM diganti menggunakan modus tuweb (tutorial webinar). Modus baru didapatkan mahasiswa sehingga mendorong penelitian ini dilakukan. Bagaimana kesiapan mahasiswa dengan pembaharuan modus belajar? Bagaimana penguasaan teknologi yang diperlukan mahasiswa dalam menyongsong pembelajarannya? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan kuesioner. Populasi diambil dari 100 mahasiswa UT Semarang, pokjar Kabupaten Batang dari berbagai semester. Hasil dari penelitian menunjukkan 82% mahasiswa mendukung dan semakin semangat dalam menyiapkan teknologi untuk modus baru pembelajaran menggunakan tuweb. Saran dan masukan mahasiswa juga menjadikan evaluasi dalam pelayanan lebih prima pada UT maupun dunia pendidikan pada keadaan global yang sedang terkena wabah ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DePorter, B. & Hernacki, M. (1999). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Cotton, K. (1991). Computer-Assisted Instruction. School Improvement Research Series. Portland, OR: Nortwest Regional Educational Laboratory, May.

Durahman, N.,& Noer, Z. M. (2019). Aplikasi seminar Online (Webinar) untuk Pembinaan Wirausaha Baru. Jumika, 6(2). 111-120.

Husamah. (2015). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Izza, S., Bhekti, S., & Tutik, S. (2019). Pemanfaatan Webinar dalam Bidang Keperawatan. JPPP, 1(1) http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP, hal. 13-20.

Mansyur, A. I. & Purnamasari, R. (2019). Webinar sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah Untuk Pendidikan Seksual Berbasis Online (Meta Analisis Pedagogi Online). Suloh, 4(1). http://jurnal.unsyiah.ac.id/suloh, hal. 26-30.

Agron, M. (2012), WebinarReady TM A Step-by-Step Guide to Hosting Successful Webinars, WebAttract.

Setyosari, P. (2007). Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Oktober 2007 No.2. Universitas Negeri Yogyakarta. Hal 7-8

Simmon, D. E. (2002). The forum report: E-learning adoption rates and barriers. (Ed. A. Rossett) New York: McGraw-Hill.

Published

2020-04-23

How to Cite

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48. Retrieved from https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44

Issue

Section

Articles