Nilai Moral dalam Film Rio The Survivor dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMP
Keywords:
Nilai moral, Film, Pembelajaran sastraAbstract
Film Rio The Survivor merupakan film yang mengisahkan seorang anak penderita HIV dengan semangat hidup yang tinggi karena ingin meraih impiannya, film ini banyak mengandung nilai moral sehingga penelitian bertujuan untuk mengetahui nilai moral yang terdapat dalam film Rio The Survivor dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan 12 bentuk nilai moral meliputi sikap jujur, menyadari kesalahan, giat belajar, sabar, tanggung jawab, bersyukur, berdoa, tawakal, kasih sayang, tolong menolong, sopan, dan memotivasi. Selain itu, film ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran sastra salah satunya melalui tindakan yang diperankan oleh para pemain sehingga siswa dapat memahami mana tindakan baik yang dapat ditiru dan buruk yang tidak dapat ditiru.
Downloads
References
Burhan, N. (2019). Teori Pengkajian Fiksi (12th ed.). Gadjah Mada University Press.
Endut. (2022, April). 10 Fakta Film Rio The Survivor, Raih Awards Internasional. IDN Times. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/nurkhuzaeni-azis/fakta-film-rio-the-survivor-c1c2
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (revisi cet). PT Remaja Rosdakarya.
Jafar Siddik, I. (2023, January). Film Rio The Survivor jadi Inspirasi Tanggulangi HIV. INEWS. Id. https://bogor.inews.id/read/237740/film-rio-the-survivor-jadi-inspirasi-tanggulangi-hiv
Khan, S., Paath, R., & Roty, V. (2021). Analisis Nilai Moral Dalam Film “Dua Garis Biru” Karya Gina S. Noer Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra. Kompetensi, 1(09), 780–785.
Manderes, A., Al Katuuk, U. M. K., & Polii, I. J. (2022). Nilai Moral Keluarga dalam Film “Miracle in Cell No.07” Karya Lee Hwan Kyung dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra. KOMPETENSI, 2(9), 1666-1684. Retrieved from http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/kompetensi/article/view/4981
Nawawi, A. (2018). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. INSANIA?: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2), 119–133. https://doi.org/10.24090/insania.v16i2.1582
Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252
Riana, R. (2020). Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia Di Sekolah. Warta Dharmawangsa, 14(3), 418–427. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i3.825
Rivaie, W. (2010). Membina Nilai Moral Sosial Budaya Indonesia Di Kalangan Remaja. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 1(1), 89–105.
Royani, M. (2015). Membangun kepribadian dengan nilai-nilai pendidikan matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 23-32. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.91
Sinulingga, S. P. (2016). Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak di Indonesia. Jurnal Filsafat, 26(2), 214. https://doi.org/10.22146/jf.12784
Solihati, N., Hikmat, A., & Hidayatullah, S. (2016). Teori Sastra: Pengantar Kesusastraan Indonesia. Uhamka Press.
Sulistyorini, H. (2013). Penggunaan Media Film Dalam Pengajaran Satra Berjenis Prosa dan Drama (Analisis Film The Wolfman Karya Joe Johnston ). Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2013 (Semantik 2013), 2013(November), 450–457.
Susiati, S. (2019). Eksistensi Manusia Dalam Film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara” Karya Herwin Novianto. Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 7(1), 50–63. https://doi.org/10.31813/gramatika/7.1.2019.173.50--63
Zulfardi, D. (2020). Wujud Nilai Moral Dalam Novel Amira: Cinta Dari Tanah Surga Karya Suliwe. METABAHASA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nazwa Roeva, Sugeng Riadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.