Reaktualisasi Nilai Sosioreligius Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik
Keywords:
reaktualisasi, nilai sosioreligius, pendidikan karakterAbstract
Sistem pendidikan dewasa ini sering menjadi sorotan dan menuai kritik publik yang tidak ada habisnya karena transformasi nilai-nilai pendidikan cenderung dianggap tidak berhasil pada ranah kontekstual yang diharapkan mampu menjelma dalam realita sosial masyarakat. Pada kenyataannya, kalangan pendidik khsusnya para guru dan orang tua menghadapi berbagai masalah dan tantangan yang berat dalam menjalankan perannya sebagai agen sosial pendidikan di tengah masyarakat. Salah satu problematika sosial yang faktual terjadi di dunia pendidikan adalah penyimpangan sosial di kalangan peserta didik atau dalam terma yang kasuistik sering disebut sebagai kenakalan anak (juvenile delinquency). Banyak fakta yang menunjukkan perilaku peserta didik yang tidak memiliki ketahanan moral berkecenderungan mengadopsi perilaku menyimpang dan tindakan amoral yang bersumber dari lingkungan sosialnya. Misalnya tindakan asusila atau pemerkosaan yang dilakukan seorang siswa terhadap siswi karena pengaruh tayangan video atau film porno, tindakan kekerasan seperti tawuran dan perkelahian antarpelajar, hingga aksi pembunuhan oleh siswa terhadap teman sepergaulannya. Selain dipengaruhi oleh faktor psikologis dan lingkungan sosial, perilaku menyimpang peserta didik juga ditengarai terjadi karena hegemoni efek media massa yang senantiasa menanamkan simbol-simbol kekerasan dalam konstruksi siarannya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Mualiyah Hi Asnawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.