Reaktualisasi Nilai Sosioreligius Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Mualiyah Hi Asnawi Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

reaktualisasi, nilai sosioreligius, pendidikan karakter

Abstract

Sistem pendidikan dewasa ini sering menjadi sorotan dan menuai kritik publik yang tidak ada habisnya karena transformasi nilai-nilai pendidikan cenderung dianggap tidak berhasil pada ranah kontekstual yang diharapkan mampu menjelma dalam realita sosial masyarakat. Pada kenyataannya, kalangan pendidik khsusnya para guru dan orang tua menghadapi berbagai masalah dan tantangan yang berat dalam menjalankan perannya sebagai agen sosial pendidikan di tengah masyarakat. Salah satu problematika sosial yang faktual terjadi di dunia pendidikan adalah penyimpangan sosial di kalangan peserta didik atau dalam terma yang kasuistik sering disebut sebagai kenakalan anak (juvenile delinquency). Banyak fakta yang menunjukkan perilaku peserta didik yang tidak memiliki ketahanan moral berkecenderungan mengadopsi perilaku menyimpang dan tindakan amoral yang bersumber dari lingkungan sosialnya. Misalnya tindakan asusila atau pemerkosaan yang dilakukan seorang siswa terhadap siswi karena pengaruh tayangan video atau film porno, tindakan kekerasan seperti tawuran dan perkelahian antarpelajar, hingga aksi pembunuhan oleh siswa terhadap teman sepergaulannya. Selain dipengaruhi oleh faktor psikologis dan lingkungan sosial, perilaku menyimpang peserta didik juga ditengarai terjadi karena hegemoni efek media massa yang senantiasa menanamkan simbol-simbol kekerasan dalam konstruksi siarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-10-09

How to Cite

Asnawi, M. H. (2019). Reaktualisasi Nilai Sosioreligius Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Sinestesia, 9(2), 50–55. Retrieved from https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/47

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.